WHAT'S NEW?
Loading...

Resume Indomie Public Relations





1.   Public relations adalah semua kelompok yang memiliki minat actual atau potensial atau mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya, public relations meliputi berbagai program untuk mempromosikan atau  melindungi citra atau produk individual perusahaan. Perusahaan yang bijaksana mengambil langkah konkrit untuk mengelola hubungan yang berhasil dengan masyarakat kuncinya.
Atau
fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak dalam komunikasi sebagai alat utama.
Fungsi public raltions:
ü  Hubungan persmempresentasikan berita dan informasi tentang organisasi dalam pandangan yang paling positif
ü  Publisitas produkmensponsorii usaha untuk mempublikasikan produk tertentu
ü  Komunikasi korporatmempromosikan pemahaman organisasi melalui komunikasi internal dan eksternal
ü  Melobibernegosiasi dengan pembuat peraturan dan pejabat pemerintah untuk mengajukan atau melonggarkan undang-undang dan peraturan.
ü  Konseling memberikan saran kepada manajemen tentang masalah public, dan posisi perusahaan serta citra sepanjang masa yang baik maupun buruk.

2.   Kasus penarikan Indomie di Taiwan bermula pada saat Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taiwan mendapatkan surat dari Food and Drugs Administration (FDA) Taiwan yang memberitahukan mie instan produk Indofood tidak sesuai persyaratan FDA. Dalam surat tersebut dilampirkan pemeriksaan produk Indomie dari Januari-20 Mei 2010 terdapat bahan pengawet yang tidak diizinkan (Nipagin atau methyl p-hydroxybenzoate ) di Taiwan di bumbu Indomie goreng dan saus barberque.
Nipagin atau methyl p-hydroxybenzoate merupakan Zat pengawet  yang  terdapat pada kecap yang disertakan dalam kemasan mie instan khususnya jenis mie goreng. Akibatnya  Indomie dilarang Taiwan dan ditarik BPOM Indonesia untuk diuji ulang kualitas mie instant Indomie. Kemudian adanya perbedaan standar mutu yang digunakan produsen indomie dengan pemerintahan Taiwan  yang masing-masing berbeda ketentuan batas aman dan tidak aman suatu zat digunakan dalam pengawet,dalm hal ini Indonesia memakai standart BPOM dan CODEX Alimentarius Commission (CAC) yang diakui secara internasional Namun hal itu menjadi polemic karena Taiwan menggunakan standar yang berbeda yang melarang zat mengandung Methyl P-Hydroxybenzoate yang dilarang di Taiwan. hal ini yang dijadikan pokok masalah penarikan indomie.
3. berdasarkan pembelaan yang terdapat didalam media social, itu berarti indomie sudah melakukan positioning yang baik yang dapat membuat konsumen percaya bahwa mie indomie mie yang aman dikonsumsi sehingga meskipun ada isu yang kurang baik para konsumen tersebut tetap menyukai indomie, karena mereka tau bahwa indomie merupakan  mie yang berkualiltas.
4. karena pihak indomie pada awalnya tidak menanggapi dengan serius akan isu tersebut  dan akhirnya menjadi dampak yang kurang baik terhadap pihak indomie itu  sendiri, situasi ini   akan berpengaruh terhadap image produk dan perusahaan yang potensial berdampak pada masalah sales. Pihak indomie seharusnya  melakukan penelitian ulang bukan berdiam diri karena ada pembelaan dari media social , pihak indome seharusnya meneyelidiki apakah benar hasil laboratorium dan uji validitasnya, apakah ada bukti yang dapat disampaikan kepada publik atau fakta yang direkayasa. Peristiwa ini menimbulkan ketidakpercayaan, menolak untuk membeli Indomie karena dianggap berbahaya. Indomie disebut krisis public relations karena indomie tidak mempunyai hubungan yang baik dengan Negara yang bersangkutan selama ini indomie hanya mengandalkan distributor, eksportir, sehingga ketika ada permasalahan Negara yang bersangkutan langsung menerbitkan bahwa produk tersebut tidak layak dikonsumsi,  padahal apabila indomie membuat program khusus, masalah tersebut bias dirundingkan di meja bundar terlebih dahulu.
5. Sangat menguntungkan karena dengan adanya statement  tersebut  isu negative mengenai indomie menjadi reda, maka pihak indomie seharusnya melakukan hal yang sama dan bukan membuat pernyataan yang berbeda.
6.
·      Untuk menyikapi hal tersebut PT Indofood sukses makmur harusnya mencantumkan segala bahan dan juga campuran yang dugunakan dalam bumbu produk indomie tersebut sehinnga masyarakat/ atau konsumen di Taiwan tidak rancu dengan berita yang dimuat di beberapa pers di Taiwan
·      Kedua belah harusnya mengambil jalan tengah dari masalah penarikan tersebut dengan melakukan pembicaraan mendalam mengenai jalan keluar yang harus ditempun dengan tujuan agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan karna masalah tersebut
·      Mengenai zat pengawet yang dilarang di Taiwan tersebut alangkah lebih baik jika produsen indomie yaitu PT.Indofood menyesuikan dengan Taiwan dengan tujuan sesuai dengan asas keselamatan konsumen dan pasal 7(b) UU PK.dan tentu saja agar exspor tetap berlangsung karena komoditi yang besar.
·      PT Indofoof  harus Memberikan citra yang positif
Suatu produk yang dijual oleh suatu perusahaan pastilah harus memiliki nilai positif. Meskipun terkadang masih ada beberapa produk yang sebenarnya masih memiliki nilai negatif namun oleh bagian pemasaran disulap hanya memiliki nilai positf.
Produk tersebut dinilai mampu memberikan efek yang berbahaya bagi kehidupan manusia yang mengkonsumsinya. Maka tidak banyak masyarakat yang mulai mengurangi asupan makanan yang berasal dari mie instan tersebut.
·      PT Indofoof  harus Meningkatkan kepercayaan
·      PT Indofood harus langsung memberikan  informasi kepada semua mitra perusahaan di banyak negara mengenai apa yang sebenarnya terjadi.
·      Presiden direktur harus langsung cepat tanggap untuk menangani masalah tersebut
·      Harus melakukan Koordinasi

Bahwa mie Indomie tidak berbahaya dan aman dikonsumsi. Bahkan, bersuara membela dengan menyebut kasus ini berpotensi perang dagang.

0 comments:

Post a Comment