A. Pengertian Komunikasi Bisnis
1. Himstreet & Baty dalam Business Communications : Principles and Metods ; Komunikasi : suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa(lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku/tindakan.
2. Bovee ; Komunikasi : suatu proses pengiriman & penerimaan pesan.
B. Peran Komunikasi Dalam Bisnis
Komunikasi mempunyai peran yang sangat penting dan dominan di dalam segala aspek dunia bisnis .
C. Bentuk Dasar Komunikasi
Bentuk komunikasi secara mendasar :
1. Komunikasi Verbal
Bentuk komunikasi yang disampaikan lewat tulisan atau lisan.
Contoh : Surat-surat bisnis, laporan-laporan,rapat, dan instruksi lisan lainnya.
2. Komunikasi Nonverbal
Bentuk komunikasi yang disampaikan tidak dengan tulisan dan lisan, yaitu dengan bahasa isyarat, ekspresi wajah, simbol-simbol ataupun sandi, intonasi suara dan lain sebagainya.
Contoh : Simbol petir dicoret yang berarti hati-hati ada tegangan tinggi.
D. Bentuk Dasar Komunikasi dalam Bisnis
Bentuk dasar komunikasi bisnis ditinjau dari isi informasi :
1. Internal Operational
Komunikasi dalam bisnis yang berhubungan dengan pekerjaan(operasional) di dalam bisnis itu sendiri.
Contoh : Pemberian order pekerjaan bagian pabrik, laporan produksi pabrik, menulis memo bagi karyawan maupun komunikasi menggunakan jaringan komputer.
2. External Operational
Komunikasi dalam bisnis yang berhubungan dengan pihak luar perusahaan.
contoh : Personal selling, menelepon rekanan bisnis, mengiklankan produk, dan mengirim surat.
3. Personal Communication
Komunikasi yang dibangun dalam hubungan nonbisnis.
Contoh : Bertukar informasi dan perasaan antarperson.
E. Jaringan Komunikasi dalam Organisasi
1.Jaringan Formal
Jaringan komunikasi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya yang melewati jalur formal.
Contoh : Instruksi, memo, surat, dari pimpinan tertinggi ke bawahannnya, dan laporan dari bawahan kepada atasannya.
2.Jaringan Informal
Jaringan yang berupa komunikasi personal dengan pola yang tidak baku.
Contoh : Komunikasi antarsesama pekerja pada bagian yang sama ataupun dengan pekerja bagian lain, dan komunikasi antarpimpinan bagian dengan pekerja lain.
F. Elemen dalam Komunikasi
Proses komunikasi adalah penyampaian informasi yang diinginkan oleh pihak lain.
Elemen-elemen pembentuk proses komunikasi :
1. Orang
Pengirim pesan/informasi (sender, encoder) dan penerima pesan (receiver, decoder).
2. Pesan/message
Informasi yang disampaikan oleh sender dan diterima oleh receiver, baik pesan verbal maupun nonverbal.
3. Channels
Saluran/channel untuk penyampaian pesan ,melalui pendengaran (suara orang bicara), pandangan ,rasa, bau dan sentuhan.
4. Context
Setting(situasi, keadaan) saat terjadinya komunikasi.
5. Feedback
Umpan balik (feedback) dari pesan yang kita kirim.
6. Effect
Efek/pengaruh yang akan diterima oleh penerima pesan, yaitu Efek emosional( senang, sedih), fisik(perkelahian), kognitif(bertambah pengetahuan) atau kombinasi ketiganya.
7. Noise/interference
Gangguan yang membuat pesan dari sender tidak sepenuhnya sampai pada receiver, yang disebabkan oleh faktor lingkungan, kekurangjelasan pesan, ataupun kurangnya empati.
0 comments:
Post a Comment